Apple iPhone 15 Pro Max vs iPhone 14 Pro Max: perbedaan utama

Seri iPhone 15 Apple telah hadir dan, seperti biasa, kami memiliki 4 ponsel baru dalam seri ini — dua model iPhone non-Pro, lalu iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max.


Jadi, jika Anda baru saja membeli iPhone 14 Pro Max baru yang keren selama 12 bulan terakhir, Anda mungkin bertanya-tanya — "Oh, apakah sudah waktunya mengubahnya sekarang?". Cerpennya — menurut kami — adalah "Tidak, tidak juga". Tentu saja, ada sejumlah perbaikan kecil, tetapi kami tidak melihat satupun dari mereka menjadi pengubah permainan yang jelas (seperti layar 120 Hz pada iPhone 13 Pro atau kamera 48 MP pada iPhone 14 Pro ). 


Tapi kami di sini bukan untuk merusak kesenangan. Anda mungkin penggemar iPhone... Anda mungkin ingin memanjakan diri Anda dengan perangkat baru setiap tahun untuk "pekerjaan selesai dengan baik". Siapa tahu kamu berulang tahun di bulan September? (Hai, selamat ulang tahun!) Atau, Anda hanya ingin tahu bagaimana iPhone andalan baru ini dibandingkan dengan yang sudah Anda miliki. Dalam kasus apa pun, kami di sini untuk menjelajahi perbedaan antara iPhone 14 Pro Max dan iPhone 15 Pro Max . Inilah semua yang kami ketahui sejauh ini:


Perbedaan iPhone 15 Pro Max vs iPhone 14 Pro Max :

  • Sedikit desain ulang
  • Bingkai titanium
  • Sakelar bisu ditingkatkan menjadi Sakelar Aksi
  • Prosesor A17 Pro baru dengan ray tracing, kecepatan data USB 3
  • Tidak ada lagi opsi entri 128 GB
  • Algoritme kamera baru untuk meningkatkan kualitas gambar
  • Lensa zoom 5x baru
  • USB Tipe C, bukan Lightning


Desain dan Ukuran



  • Yang ini bukan meme Spider-Man

Apple biasanya tetap menggunakan desain yang sama selama bertahun-tahun. IPhone 8 dari tahun 2017 terlihat sangat mirip dengan iPhone 6 dari tahun 2014. IPhone 14 Pro Max terlihat seperti iPhone 12 Pro Max , dengan kamera yang lebih besar. Intinya, Apple jarang mengubah desain produk, namun hal ini akan menjadi masalah besar jika terjadi. Apakah itu terjadi tahun ini?


TIDAK.


Tapi kami mendapatkan material desain baru. IPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max dibuat dengan bingkai titanium agar terasa lebih ringan, namun daya tahannya tetap tangguh. Logam baru ini juga memiliki lapisan titanium baru, yang sangat, sangat disambut baik. Rangka baja tahan karat iPhone 14 Pro terlihat cantik, tetapi hasil akhir yang mengilap itu menjadi cepat kotor.


Selain itu, iPhone 15 Pro Max sedikit lebih kecil karena memiliki bezel yang lebih tipis di sekeliling layar, sehingga rasio layar-ke-tubuh sedikit lebih tinggi.


Sedangkan untuk tombol — Anda akan menemukan tombol daya dan volume berada di tempat yang sama di kedua ponsel. Namun iPhone 15 Pro Max memiliki satu tambahan – Tombol Tindakan kini menggantikan tombol mute lama yang bagus. Secara default, Tombol Tindakan akan beralih ke mode senyap dan dering. Namun Anda juga dapat menyesuaikannya untuk membuka aplikasi, pintasan Siri, senter, kamera, mode Fokus, dan lain-lain.


Kedengarannya menyenangkan, tapi kami tidak bisa mengatakan bahwa kami tidak akan melewatkan tombol mute yang bagus di iPhone klasik (atau non-Pro).


Selain itu, seri iPhone 15 memiliki port USB Type-C, bukan port Lightning untuk pengisian daya dan transfer data. Anda harus berterima kasih kepada regulator UE atas hal ini. IPhone non-Pro masih berada di zaman batu yang terjebak pada kecepatan USB 2.0, namun iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan dapat mentransfer data melalui kabel dengan kecepatan USB 3. Artinya 10 Gbps atau 20 kali lebih cepat dibandingkan USB 2.0 (dan Lightning). Terakhir, Anda akan bisa mendapatkan file video super besar itu dari iPhone Anda... jika Anda memiliki kabel USB 3 opsional .


Bagaimanapun, ini jelas lebih baik – jauh lebih baik – daripada konektor iPhone 14 Pro Max dan USB 2.0 berkecepatan 480 Mbps. Ya, itu adalah ponsel seharga $1.099.


Perbedaan Tampilan


Kami memiliki sebagian besar layar yang sama di kedua perangkat — panel OLED buatan Samsung dengan potongan Dynamic Island di bagian atas, kecepatan refresh 120 Hz, dan kecerahan maksimal (puncak) 2.000 nit.


Apakah Anda membutuhkan kecerahan sebesar itu? Mungkin tidak, tapi Apple menggunakannya untuk ruang kepala sehingga dapat menampilkan video dan foto HDR dengan nyaman, apa pun kondisi pencahayaan sekitar Anda.


Angka lainnya tidak berubah — ukuran 6,7 inci yang sama, resolusi 1290×2796 yang sama, dan kecepatan refresh ProMotion 120 Hz. Apple telah menemukan apa yang membuat mereka nyaman dan, sejujurnya, ini berhasil.


Kinerja dan Perangkat Lunak

  • A17 Pro-Bionik?

IPhone lain, prosesor baru lainnya. Garis suksesi diikuti, dan SoC di dalam iPhone 15 Pro Max disebut  Apple A17 Pro — ya, bukan Bionic, tapi Pro. Errr, terutama karena membuka kecepatan USB 3? Namun ini juga memberi kita GPU dengan ray tracing, dan inti CPU 10% lebih cepat, serta peningkatan yang dibantu pembelajaran mesin untuk game beresolusi tinggi.


Ini juga sedikit terkenal – A17 Pro adalah SoC smartphone pertama di dunia yang dibangun pada proses 3 nm, yang ukurannya sangat kecil. Ini memuat 19 miliar (dengan ab) transistor di dalamnya, dan melakukan operasi 18% lebih banyak per detik dibandingkan A16 Bionic di dalam iPhone 14 Pro Max .


Ingatlah bahwa "operasi per detik" tidak berarti peningkatan kinerja 1 banding 1, kita harus menjalankan beberapa tolok ukur. Tapi untuk penggunaan kehidupan nyata? IPhone 14 Pro Max masih sangat bertenaga, sehingga iPhone 15 Pro Max akan menjadi "lebih banyak ruang kepala" bagi 90% pengguna di luar sana.


Yang keren adalah chip tersebut sebenarnya telah meyakinkan beberapa pengembang game untuk benar-benar menghadirkan game kelas konsol mereka ke iPhone 15 Pro . Tidak, itu bukan metafora seperti "Raid: Shadowlegends adalah level konsol" — kita berbicara tentang Assassin's Creed: Mirage di sini — game AAA yang belum dirilis namun sangat dinanti oleh Ubisoft.

Kata-kata Apple membuatnya terdengar seperti game-game ini hanya hadir di iPhone 15 Pro dan Pro Max, tapi kita lihat saja nanti... Kedengarannya bukan investasi besar bagi studio game yang hanya berkembang untuk dua perangkat.


Yang kami tahu adalah iPhone 14 Pro Max masih sangat tajam, cepat, mulus, dan pada dasarnya merupakan salah satu smartphone dengan performa terbaik di pasar. Chip A16-nya kemungkinan akan tetap ada di dalam iPhone 15 non-Pro , jadi jelas ini belum akan dianggap ketinggalan jaman. 


Dan perangkat lunak? Mengingat Apple memperbarui iPhone lamanya secepat yang baru — kedua perangkat ini diharapkan memiliki iOS 17 secara bersamaan. Secara teknis, iPhone 14 Pro Max akan memilikinya terlebih dahulu — iOS 17 akan tersedia pada tanggal 18 September, sedangkan iPhone 15 sendiri akan dikirimkan pada tanggal 22 September.


iOS 17 diumumkan oleh Apple beberapa waktu lalu dan kami memiliki Beta Publik untuk dimainkan sepanjang musim panas. Belum ada fitur tambahan terkait Pulau Dinamis yang ditampilkan, namun Apple mengatakan bahwa apa yang kami lihat di WWDC bukanlah daftar lengkap fitur baru.


Adapun apa yang sebenarnya baru dengannya — kita akan mendapatkan Poster Kontak baru yang dapat disesuaikan. Pada dasarnya, Anda akan dapat memilih bagaimana Anda menampilkan diri Anda di layar siapa pun yang Anda telepon. Ada juga aplikasi penjurnalan baru, dan peningkatan kualitas hidup di dalam iMessage, cara yang lebih baik untuk berbagi lokasi Anda dan cara otomatis untuk memberi tahu orang-orang terdekat ketika Anda telah sampai di rumah dengan selamat.


Kamera

  • Optical 5x zoom!

Sensor kamera utama iPhone 15 Pro Max tidak berubah – masih besar 48 MP yang diperkenalkan dengan iPhone 14 Pro Max . Yang baru pada 15 adalah pemrosesan gambar.


Dengan Mesin Fotonik dan saluran HDR yang ditingkatkan, Apple menjanjikan detail yang lebih baik, kinerja cahaya rendah yang lebih baik, dan warna kulit yang lebih akurat. Selain itu, iPhone 15 Pro Max kini membuang piksel dan mengambil foto 24 MP secara default — iPhone 14 Pro Max defaultnya adalah 12 MP. Haruskah kita mengharapkan kualitas gambar dua kali lipat? Pada titik ini kami berharap untuk mengurangi penajaman perangkat lunak yang berlebihan.


Apa yang didapat iPhone 15 Pro Max adalah lensa telefoto zoom periskop baru. Baiklah, itu lensa tetraprisma. Lihat, hasil akhirnya adalah zoom optik 5x. Apakah kami sangat membutuhkannya? Itu masih bisa diperdebatkan. 


Apple akan menggunakan keajaiban perangkat lunak untuk memastikan rentang zoom 1x-4,9x memiliki kualitas "lossless" dan lensa baru memungkinkan zoom perangkat lunak hingga 25x. IPhone 14 Pro Max memiliki lensa telefoto 3x dan total zoom digital 15x.


Masih jauh dari apa yang dilakukan pesaing seperti Samsung, dan hampir tidak menyentuh zoom 30x Pixel.


Kamera selfie dan kamera ultra lebar pada iPhone 15 Pro Max hampir tidak disebutkan, tetapi diasumsikan bahwa keduanya memperoleh sedikit peningkatan dari peningkatan pemrosesan gambar yang disebutkan di atas. Tentu saja kami sangat ingin mengujinya terhadap iPhone 14 Pro Max untuk melihat perbandingan sebenarnya.


Kualitas Audio dan Haptik


Haptics Apple telah menjadi yang terdepan di industri selama bertahun-tahun (walaupun produsen Android berhasil menyusulnya sekitar 3 tahun yang lalu). Pada titik ini, kami tidak tahu bagaimana haptics dapat dibuat lebih baik – mesin Taptic di iPhone 14 Pro Max mengklik dan mengklik dengan sangat akurat dengan umpan balik yang menyenangkan, seperti yang terjadi selama bertahun-tahun sekarang. Kami tidak melihat hal itu berubah seiring berjalannya waktu iPhone 15 Pro Max .


Sedangkan untuk speaker — iPhone 14 Pro Max sudah terdengar luar biasa, dengan suara stereo yang nyaring dan penuh. Ini bisa sedikit kasar atau sedikit berlebihan pada genre tertentu. Kami berpendapat Apple harus meninjau kembali kurva EQ untuk speaker iPhone hanya untuk beberapa penyesuaian. Namun menurut kami hal itu tidak akan terjadi pada iPhone 15 Pro Max .


Daya Tahan Baterai dan Pengisian Daya

  • Baterai sepanjang hari? Anda betcha

Chip Apple seri A memiliki kemampuan bertenaga namun juga hemat energi. Sungguh, jika Anda menempatkan iPhone di bawah tekanan yang sangat besar — ​​game 3D beresolusi maksimal, pengeditan dan ekspor video, atau sekadar pengujian stres benchmark — itu akan menghabiskan baterai dengan cukup cepat. Meski begitu, iPhone 14 Pro Max memberikan daya tahan baterai yang cukup baik di bawah beban berat.


Di sisi lain, iPhone sangat baik dalam menghemat daya saat dalam keadaan siaga, dan juga tidak menguras banyak daya untuk tugas-tugas rutin, seperti browsing, chatting, dan binging YouTube. Sekali lagi, iPhone 14 Pro Max memberikan hasil yang luar biasa, memberi kami waktu 19 jam menjelajah web sebelum dimatikan.


Kami sepenuhnya berharap iPhone 15 Pro Max akan mampu mencapai setidaknya daya tahan tersebut, jika tidak lebih. Sayangnya Apple bahkan tidak membeberkan kapasitas baterainya, jadi kami tidak bisa berspekulasi di sini. Statistik baterai Apple untuk iPhone 15 Pro Max sama persis dengan iPhone 14 Pro Max :

  • Pemutaran video - Hingga 29 jam
  • Pemutaran video (streaming) - Hingga 25 jam
  • Pemutaran audio - Hingga 95 jam


Bagaimana dengan pengisian daya? Penarikan kabel 20 W yang sama, 15 W dengan pengisi daya MagSafe. IPhone 15 Pro Max juga akan berfungsi dengan pengisi daya Qi2 yang akan datang, tetapi kami tidak melihat alasan mengapa iPhone 14 Pro Max tidak dapat melakukannya — Qi2 pada dasarnya dirancang dengan bantuan Apple (Cupertino memberikan cincin magnetnya sehingga sekarang semua orang dapat memiliki pengisi daya yang lengket. pengisi daya).


Perbandingan Spesifikasi

Mari kita paparkan spesifikasi utama dari kedua ponsel besar ini, sehingga kita memiliki gambaran yang lebih jelas tentang apa yang diharapkan. Jika Anda ingin perbandingan spesifikasi lengkap, Anda selalu dapat membuka halaman khusus kami untuk  perbandingan spesifikasi iPhone 15 Pro Max vs iPhone 14 Pro Max .


Melihat tabel di sini, kita dapat dengan pasti mengatakan bahwa apa pun peningkatan penting yang dimiliki iPhone 15 Pro Max , semua itu terjadi pada perangkat lunak atau berasal dari bidang “Apple Magic”. Padahal, port USB C yang lebih cepat jelas merupakan peningkatan yang sudah lama tertunda dan sangat dibutuhkan.


Ringkasan dan Putusan Akhir


Tentu saja, jika saat ini Anda memiliki iPhone 14 Pro Max , Anda akan merasa cukup siap — menurut kami peningkatan ke iPhone 15 Pro Max tidak wajib atau merupakan peningkatan yang besar. Kecuali Anda benar-benar menginginkan zoom optik dan kecepatan USB 3 (kami mengerti, terutama jika Anda benar-benar menggunakan iPhone Pro sebagai kamera video. Sebuah konsep baru dalam produk dengan moniker Pro).


Faktanya, kami yakin kami akan merekomendasikan iPhone 14 Pro Max sebagai “ponsel super-premium yang lebih murah” setelah harganya diturunkan dengan dirilisnya iPhone 15 Pro Max.


Tapi jangan salah paham — iPhone 15 Pro Max pasti akan menjadi ponsel yang mematikan. Jika Anda menggunakan iPhone lama — khususnya 12 atau lebih rendah — ini akan menjadi lompatan yang luar biasa. Jika Anda belum pernah memiliki iPhone, ini akan menjadi titik awal yang paling mengesankan.

Previous Post Next Post